TUGAS

SISTEM PEMERINTAHAN INDONESIA

Sistem pemeritahan merupakan sebuah sistem yang sangat penting dan komplek dalam sebuah penyelenggaraan negara. Sistem pemerintahan adalah suatu kajian yang menitikberatkan hubungan antara negara dan rakyat. Negara dapat berjalan dengan baik saat didalamnya diatur sebuah sistem yang sesuai dengan sejarah, jati diri dan kehendak semua penghuni negara.

Banyaknya sistem pemerintahan yang ada di dunia ini mencerminkan jati diri negara – negara di dunia berbeda, sehingga berpengaruh terhadap kemajuan negara – negara tersebut. Negara yang tidak cocok dengan sistem pemrintahan yang dianutnya cenderung gagal mengalami kemajuan dan terjadi ppemberontakan ataupun perpecahan pada rakyatnya seperti halnya yang terjadi di timur tengah.

Indonesia sebagai salah satu negara terbesar di dunia ini menganut sistem pemerintahan republik. Negara republik adalah negara dengan pemerintahan rakyat yang di kepalai oleh seorang presiden yang dipilih dari rakyat, oleh rakyat dan masa jabatan tertentu. Republik Indonesia menganut sistem republik presidensial karena kepala negara dan kepala pemerintahan Indonesia dipegang oleh satu orang yakni presiden. Para menteri bertanggung jawab kepada presiden. Presiden Indonesia dipilih langsung oleh rakyat dengan masa jabatan tertentu dan menjalankan pemerintahan berdasarkan UUD dan UU. Negara Kesatuan Republik Indonesia sejak kemerdekaannya memilih sistem politik demokrasi. Hal ini terlihat dengan jelas pada ideologi ketatanegaraan yaitu Pancasila. Demokrasi pancasila memiliki watak demokrasi secara umum atau universal. Watak universal demokrasi pancasila tampak pada prinsip kedauatan ditangan rakyat. Karakteristik demokrasi pancasila terletak pada dianutnya prinsip harmoni atau keselarasan terutama keselarasan dengan Tuhan dan sesama manusia.

Seharusnya dengan karakteristik demokrasi pancasila yang seperti itu apabila diterjemahkan secara tepat dalam konstitusi dan di operasionalkan dalam sistem pemerintahan dan politik akan menghasilkan sistem pemerintahan dan politik yang demokratis dan stabil. Namun dalam kenyataannya masih jauh dari harapan karena suara rakyatpun tidak pernah di dengarkan apalagi menjadi bahan pertimbangan untuk sebuah kebijakan. download disini

untuk lebih lengkapnya, bisa kalian download disini

UTILITAS “Water System”

Dalam merencanakan sebuah bangunan, baik gedung maupun bangunan-bangunan lainnya harus diperhatikan secara cermat tentang pengolahan air bersihnya (water systemnya), supaya bangunan gedung yang dibangun tersebut dapat dipakai, dihuni, dan dinikmati oleh pengguna, perlu dilengkapi dengan prasarana lain, yang disebut prasarana bangunan atau utilitas bangunan. Karena apabila terjadi suatu masalah pada sistem pengolahan air bersih akan dapat mempengaruhi aktifitas dan kenyamanan suatu bangunan. Air merupakan kebutuhan hidup yang sangat penting bagi mahluk hidup dimuka bumi ini, khususnya bagi manusia. Air bersih merupakan sumber kesehatan. Kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat berharga  bagi manusia. Menjaga kesehatan dapat dimulai dengan menjaga kesehatan lingkungan, baik dari tempat bekerja maupun tempat tinggal

Ruang lingkup dari Utilitas Bangunan diantaranya adalah :

  1. Sistem plambing air bersih
  2. Sistem plambing air kotor
  3. Sistem plambing air hujan
  4. Sistem pembuangan sampah
  5. Sistem pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran
  6. Sistem instalasi listrik
  7. Sistem penangkal petir

Salah satu bagian dari utilitas bangunan adalah Plambing. Termasuk dalam ruang lingkup plambing diantaranya adalah : sistem penyediaan air bersih, sistem pembuangan air kotor, dan sistem pembuangan air hujan didalam bangunan gedung. Plambing dapat didefinisikan sebagai berikut :

Sistem Plambing suatu bangunan gedung adalah sistem perpipaan penyediaan air bersih, perpipaan sistem pembuangan air kotor, dan perpipaan sistem pembuangan air hujan.

Utilitas Bangunan merupakan kelengkapan dari suatu bangunan gedung, agar bangunan gedung tersebut dapat berfungsi secara optimal. Selain itu penghuninya akan merasa nyaman, aman, dan sehat.

Berikut aku share nih contoh pptnya disini

Tinggalkan komentar